Cara Menabung Uang Digital Dengan 5 Aplikasi ini

Rayhan Nabhan Lukmansyah on Jun 18, 2024 in Information

Di tengah krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, banyak orang sadar betapa pentingnya menabung. Karena hanya masyarakat yang memiliki tabungan yang dapat bertahan. Masyarakat yang tidak memiliki tabungan dan memiliki banyak cicilan akan tersesat. Bagi Anda yang sudah mulai sadar, segera buat tabungan baik di bank konvensional maupun melalui internet.

Namun, mengingat pandemi yang memaksa orang untuk tetap di rumah, membuat tabungan online adalah pilihan terbaik. Karena semua dapat dilakukan melalui smartphone, tabungan online memudahkan masyarakat. Anda memiliki kemampuan untuk menabung, membeli barang, membayar, meminjam uang, investasi, deposito, dan berbagai macam tindakan lainnya.

Sekarang Anda tidak perlu pergi ke bank untuk menabung; Anda hanya perlu membuka aplikasi online dan uang Anda di rumah sudah berpindah ke bank.

Sebagaimana dilaporkan oleh teknologi.net. ada tujuh aplikasi menabung online yang aman yang telah didaftarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, beberapa aplikasi tabungan memiliki fitur keamanan seperti Face ID, Fingerprint, PIN, dan Password. Apa itu?

1. Aplikasi Jenius : Jenius adalah inovasi digital terbaru dari PT Bank BTPN. Pengguna dapat melakukan aktivitas finansial seperti menabung, melakukan transaksi, dan mengatur keuangan mereka dengan aplikasi tabungan online ini. Jika Anda menggunakan aplikasi JENIUS di smartphone Anda, Anda sudah dapat membuka rekening tabungan tanpa harus pergi ke bank. Ini memberikan kemudahan bagi pengguna karena mereka dapat menabung atau membuka tabungan online tanpa harus mengantre di bank.

Keuangan sehari-hari Anda dapat diatur dengan mudah dengan banyak fitur Jenius. Ada banyak fitur seperti Save It, Send It, $Cashtag, Pay Me, eCard, Split Bill, dan lainnya. Selain itu, fitur unggulan seperti Maxi Server, Dream Saver, dan Flexi Saver tersedia. Aplikasi tabungan online ini, yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS, menawarkan metode otentikasi sidik jari, keamanan kartu, dan PIN atau Password.

2. Sobatku: Aplikasi menabung online lainnya adalah Sobatku atau Simpanan Online Sahabatku. Aplikasi ini dibuat oleh KSP Sahabat Mitra Sejati dan Sahabat UKM. Dengan menggunakan aplikasi ini, setiap orang dapat membuka rekening tabungan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan bank umum. Di sisi lain, tabungan ini dapat diakses melalui internet.

Namun, ada perbedaan dengan cara menabung di Sobatku. Aplikasi menerapkan batasan internal sebesar Rp20 juta dan batasan menabung sebesar Rp100 juta untuk pengguna premium.

Aplikasi tabungan ini bebas biaya administrasi dan bunganya hanya 1%. Selain itu, aplikasi Sobatku mendukung pembayaran token listrik, PLN, PDAM, TV berbayar, tiket kereta api, dan pulsa.

Anda juga dapat melakukan setor tunai di Alfamart atau Alfamidi. Tidak ada biaya administrasi bulanan di sini, jadi saldo tetap utuh. Jika Anda menabung di Sobatku, Anda juga berhak mendapatkan hadiah bulanan.

3. Ipotpay: Pengguna utama aplikasi tabungan online Ipotpay adalah generasi milenial. Karena mereka sudah dapat menabung secara online dengan smartphone, mereka tidak perlu pergi ke bank.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini termasuk return atau imbal hasil hingga sepuluh persen per tahun. Para pelanggan juga tidak dikenakan biaya administrasi. Pengguna juga dapat melakukan berbagai pembayaran dengan aplikasi tabungan Ipotpay, seperti BPJS, kartu kredit, PLN, beli pulsa, belanja online, top up dompet digital, dan tiket transportasi.

Anda dapat menggunakan aplikasi menabung ini tanpa pajak, dan Anda dapat beli, transfer, dan bayar uang kapan pun Anda mau.

4. Tabungan Online Sinarmas atau SimobiPlus: SimobiPlus adalah aplikasi tabungan mobile dari Bank Sinarmas yang dapat memenuhi semua kebutuhan transaksi keuangan Anda. Yang lebih menarik lagi, SimobiPlus dapat dihubungkan ke Sinarmas Bank E-Money, yaitu rekening tabungan, giro, deposito, kartu kredit, dan semua produk keuangan yang ditawarkan oleh Sinarmas Bank.

Anda dapat mengakses seluruh portofolio keuangan Anda dengan satu aplikasi di Sinarmas Bank. Jika Anda bukan pelanggan Bank Sinarmas, Anda masih dapat mengaktifkan SimobiPlus dan dibuatkan E-Money dengan proses yang mudah dan cepat.

5. PermataMobile X: Permata Bank meluncurkan aplikasi tabungan digital baru di Indonesia, PermataMobile X. PermataMobile X memiliki fitur Permata Store, kemudahan akses, fitur keamanan (Face ID dan Fingerprint), pembiayaan, akun aktual, investasi, kartu kredit, dan pinjaman. Aplikasinya dapat diunduh di App Store.

Selain itu, PermataMobile X tidak dikenakan biaya administrasi, pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, transfer, dan biaya pembuatan kartu. Selain itu, tarik tunai dan transfer antar bank dengan saldo minimal Rp.1.000.000 juga gratis.

Bank DBS, yang berasal dari Singapura, adalah bank digital lainnya yang memungkinkan tabungan online. Aplikasi Digibank memiliki berbagai fitur, termasuk tabungan, investasi, kartu kredit, pinjaman online, transfer valas, bayar atau beli, asisten virtual, soft token, pemantau pengeluaran, dan pembukaan rekening baru dengan KTP elektronik dan sidik jari tanpa menggunakan bank.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.